Selasa, 25 Agustus 2009

JANGAN BUANG ENERGI PERCUMA

Setiap hari kita mengggunakan 6-8 jam untuk beristirahat. Istirahat adalah hak tubuh (termasuk otak) untuk menenangkan diri setelah seharian kita gunakan untuk beraktifitas dan berfikir. Namun apa jadinya jika tubuh dan otak kita, kita pergunakan bukan untuk hal-hal yang tidak produktif. Tentunya istirahat yang kita lakukan hanya untuk membayar aktifitas konyol kita.
 Banyak sekali hal yang kontraproduktif yang justru menghabiskan lebih banyak tenaga, pikiran bahkan waktu dari pada pekerjaan yang menjadi tugas pokok kita. Berdebat yang biasanya tidak akan berakhir dengan ketenangan karena teman debat –atau musuh- tidak bisa menerima pendapat kita adalah salah satu hal yang tidak produktif itu. Orang biasa berdebat bukan untuk menemukan titik temu yang jelas, tapi justru malah mempertegas perbedaan kita dengan orang lain. Bahkan tidak jarang perdebatan berujung pada perselisihan dan paling ekstrim adalah saling tikam. Bukankah itu sangat tidak produktif dan menghabiskan tenaga.
 Kemudian mencela orang atau sesuatu. Bukannya manfaat yang kita dapat tapi justru pikiran berkepanjangan untuk mencari celah kesalahan yang lainnya yang bisa kita cela. Jika sudah demikian rasanya tidak ada hal yang baik di depan kita. Tenaga dan pokiran kita habis untuk mencela bukan?! Adakah manfaatnya? Apalagi jika yang kita cela adalah orang lain, tentu akan berdampak kurang baik bagi diri kita dan orang-orang dekat kita, jika celaan itu diketahui oleh orang lain juga. Makin bertambah saja daftar orang yang tidak simpati pada kita.
 Sebaiknya kembangkan sikap rendah hati tanpa harus rendah diri. Karena dengan demikian orang pun akan bersikap serupa dan persaudaraanlah yang akan terbina. Sungguh indah bukan?! (abu tazkiyah)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 furqon online All Right Reserved
Shared by Themes24x7