Selasa, 25 Agustus 2009

JANGAN TIMPAKAN KESALAHAN KEPADA ORANG LAIN

Hidup manusia selalu dalam persimpangan, entah itu simpang dua, tiga empat atau bahkan ribuan. Setiap persimpangan menyimpan misteri dan setiap persimpangan berakhir pada ujung yang tidak kita duga, meskipun kadang kita mencoba untuk menerka.
Setiap kita dihadapkan pada persimpangan tentu kita harus memilih akan menuju kemana. Dan dari sekian banyak jalan simpang tersebut tentunya kita tidak bisa menuju ke dua simpangan yang berbeda di waktu yang sama. Sejuta pertimbangan kita pakai dan segunung alasan kita tumpuk untuk memilih simpang mana yang akan kita lalui.
Apapun hasilnya keputusan yang kita ambil, kita jualah yang akan merasakannya, messkipun seribu kata menasehati dan membujuk, kita juga yang akan melangkah. Jadi jika ujung jalan yang kita ambil menuju jurang atau sekedar kita temui tembok buntu, kita tidak bisa menyalahkan bujuk rayu orang lain.
Kita harus menerima hasil dari tindakan kita, karena sejuta protes dari kita hanyalah akan dijawab, “Siapa suruh kamu berjalan kesana, kami hanya memberikan nasehat. Semua keputusan ada di diri anda sendiri.” Nah, jawaban yang rasional bukan? (abu tazkiyah)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 furqon online All Right Reserved
Shared by Themes24x7