Senin, 09 November 2009

BIASAKAN MEMBERI SALAM KEPADA ANAK KECIL

Beberapa pengamat spikologi anak berpendapat untuk membentuk karakter anak memang harus dilakukan sejak kecil, dari yang sederhana hingga yang prinsip seperti mengajarkan isi agama kita kepada mereka.

Pada usia dini anak akan sangat cepat sekali mencontoh lingkungannya. Saya punya pengalaman yang agak kurang enak, anak Om saya yang sekarang usianya sekitar 6-7 tahun suka sekali berkata jorok, usut punya usut, kebiasannya ini dipengaruhi oleh pergaulannya dengan karyawan Om. Karena pegawai Om saya kebanyakan laki-laki maka mereka gampang akrab dengan anak Om. Nah, di saat Om dan Tante lengah, karyawan Om sering mengajarkan kata-kata jorok kepada anak Om saya. Mungkin awalnya dianggap hanya bercanda saja, namun akhirnya menjadi kebiasaan. Ketika anak Om saya dinasehati saat berbuat nakal, maka yang keluar adalah kata-kata jorok yang sangat tidak sopan. Bayangkan betapa malu orangtuanya ketika kata-kata ini keluar kepada orang lain atau kepada tamu yang sedang datang.

Nasehat saya bagi yang punya workshop / pabrik / tempat usaha dirumah dengan karyawan yang banyak, dan anda punya anak kecil, bicaralah pada karyawan anda untuk tidak mengajarkan hal-hal yang tidak pantas kepada anak anda, kalau perlu ancam mereka dengan pemecatan jika ketahuan, karena dampaknya sungguh sangat hebat. Sampai sekarang anak Om saya masih sering melontarkan kata-kata kotor, bahkan kepada orangtuanya sendiri.

Suatu sikap bersahaja sesungguhna telah diajarkan oleh Nabi kita Muhammad SAW. Beliau tidak sungkan-sungkan untuk mengucapkan salam kepada sekerumunan anak kecil yang sedang bermain. Bayangkan, seorang pemimpin ummat, Rasul Allah, demikian rendah hati kepada anak kecil sekalipun. Tidak ada rasa takut akan berkurang wibawanya. Hikmahnya, selain mengajarkan kepada anak-anak tentang kandungan agama ini, salam juga berarti do’a kepada orang yang kita beri ucapan.

Mungkin kini saatnya kita mengubah kebiasaan memberikan ucapan “da,,da,,” atau “Sun jauh,,,mmuuaah” kepada anak kita dengan ucapan salam dan cium tangan. Allahu ‘alam bishshowab

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 furqon online All Right Reserved
Shared by Themes24x7