Selasa, 25 Agustus 2009

ORANG YANG SALAH TAHU JIKA SALAH

Dalam diri manusia diciptakan hati nurani, yang walaupun wujudnya tidak pernah diketahui dan keberadaannya hanya sebatas telunjuk yang mengarah ke dada, namun sangat mempengaruhi pemikiran manusia dan bahkan perilakunya.
 Kebanyakan dari hati nurani adalah wujud dari kebaikan seseorang. Sebagai contoh, seorang perampok atau pemabuk yang maniak. setiap hari melakukan perbuatan buruknya tersebut tanpa henti, namun sejatinya orang tersebut sadar dan tahu betul bahwa perbuatannya itu salah dan merugikan dirinya sendiri.
Hati nuraninya membisikkan, “Perbuatan ini tidak membawa manfaat, seandainya aku tidak melakukan perbuatan ini tentu hidupku akan lain, akan menjadi lebih baik” 
Namun bisikan ini tidak mampu untuk merubah kebiasannya. Justru biasanya bisikan ini akan diimplementasikan kepada orang lain. Seorang perampok dan pemabok berat tentu tidak akan menganjurkan anaknya yang masih kecil untuk menjadi perampok dan pemabok berat juga. Ah, andaikan bisikan itu dilakukan oleh pendengarnya.
 Namun jika ada orang lain yang berkata sama persis dengan kata nuraninya dengan serta merta mereka akan menolaknya. Inilah yang mungkin yang disebut egois individualistis. (abu tazkiyah)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 furqon online All Right Reserved
Shared by Themes24x7